Cara Ganti Oli Gardan Vespa dengan Mudah

Cara Ganti Oli Gardan Vespa dengan Mudah
29 April, 2018

Jika Anda pecinta motor vespa dan memiliki vespa kesayangan, Anda harus memastikan kondisinya selalu prima. Jangan sampai saat Anda mengendarainya malah mogok di jalan karena jarang dirawat. Untuk penggantian oli sendiri sebaiknya dilakukan tiap kelipatan 5.000 km. Tetapi sebaiknya mengganti oli jika sudah mencapai 3 bulan, karena walaupun belum kelipatan 5.00 km, oli tetap punya masa pakainya sendiri. Anda juga harus sering-sering mengecek olinya. Walaupun masih dalam kondisi baik tapi jika kapasitasnya sudah melebih jenis motor yang dimiliki maka Anda harus menggantinya dengan yang baru. Maka dari itu perhatikan jenis motor Anda dan juga kapasitas olinya. Nah, jika Anda masih bingung bagaimana cara ganti oli gardan vespa, berikut cara mudahnya:


1.     Beli Oli Gardan yang Banyak di Rekomendasikan Orang


Sebaiknya membeli oli gardan di tempat yang sudah banyak orang membeli, karena pasti oli di tempat tersebut bagus. Anda bisa membeli di toko Scooter VIP, toko tersebut berada di daerah Bekasi. Scooter VIP juga mempunyai toko online, Anda bisa mengecek di websitenya.


2.     Carilah Tempat yang Rata lalu Standar 2 Motor Anda


Cara ganti oli gardan vespa selanjutnya yaitu cari tempat yang rata. Kenapa harus di tempat yang rata? Supaya oli yang berada di tangki keluar semua.


3.     Siapkan Peralatan untuk Membuka Baut


Cara ganti oli gardan vespa yang terakhir ialah siapkan kunci Y atau T. Lalu buka dulu bagian baut atas, setelah itu buka juga baut untuk tempat keluarnya oli. Hati-hati dalam membuka baut untuk tempat keluar oli ini, karena nanti olinya akan menetes dari sini. Siapkan wadah sebagai tempat oli yang akan keluar. Tunggu oli gardan sampai keluar semua. Pastikan sampai oli berhenti menetes. Lalu pasang kembali bautnya ke tempat semula. Jika baut sudah terpasang semua, masukkan oli gardan yang sudah ke tempatnya. Masukkan sedikit demi sedikit lewat lubang atas. Setelah selesai, pasang lagi baut atas dan kencangkan baut tersebut sesuai torsi.


Add Comment