Sudah Tahukah Kamu Tentang Fakta Menarik Vespa?

Sudah Tahukah Kamu Tentang Fakta Menarik Vespa?
8 November, 2019

Scootervip.com – 8 November 2019

Bila mendengar kata “vespa” identik dengan motor yang kuno, lambat, dan tua. Namun, seiring berjalannya waktu, vespa berkembang dari vespa mesin manual menjadi vespa mesin matik. Sama dengan vespa manual, saat ini cukup banyak penggemar vespa matik yang menjadikan vespa bukan hanya kendaraan biasa namun juga dijadikan hobi serta gaya hidup yang tergolong untuk orang menengah ke atas.

Maraknya penggemar vespa matic, importir lokal berbondong – bondong mulai ikut andil dalam perkembangan vespa di tanah air. Menarik untuk mengulik kembali sejarah ikonik dari vespa.

Vespa dibuat oleh perusahaan Piaggio pada tahun 1946 di Italia. Pada mulanya perusahaan tersebut memproduksi peralatan kapal, kemudian berkembang memproduksi kapal, kereta api hingga pesawat terbang. Pada masanya, terjadi perang dunia ke II yang mengakibatkan hancurnya pabrik Piaggio. Kemudian pabrik di bangun kembali, dan berubah menjadi pabrik yang memproduksi motor, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang besar dan memiliki harga yang murah.

Kehadiran vespa terinspirasi oleh sepeda militer Amerika. Pada zaman perang dunia ke II, masyarakat mengenal Airbone atau sepeda motor yang kasar dan ringan dengan roda kecil. Banyak yang di distribusikan ke wilayah Italia dan digunakan oleh para pejuang perlawanan Italia. 

Dinamakan “Vespa” karena Enrico Piaggio (putra dari founder Piaggio) melihat desain motor seperti ‘tawon’. Dalam Bahasa italia, vespa berarti ‘tawon’. Hingga akhirnya, vespa berhasil memikat hati masyarakat, melalui promosi aktif yang masuk pada film populer Hollywood Roman Hoilday. Vespa dikendarai oleh Gregory Peck dan Audrey Hepburn, kemudian baru dianggap keren tahun 1953.

Vespa matic (modern) tentu berbeda dengan vespa klasik. Perbedaan tersebut seperti bentuk motornya yang lebih modern, tidak lagi menggunakan mesin dua tak, tidak mengeluarkan bunyi dan asap seperti vespa klasik serta kapasitas mesin yang bisa mencapai 300cc. Lebih dari 70 tahun berkembang, vespa terbukti menjadi motor yang populer dan terlaris dengan lebih dari 18 juta sample terjual.

Add Comment