Tips Menjaga Kesehatan Vespa

Tips Menjaga Kesehatan Vespa
22 November, 2019

Memiliki vespa matik sangatlah menyenangkan, kendati untuk merawat ataupun memodifikasi vespa matik itu cukup menguras kantong yang dalam.

Apabila dibandingkan, mengurus vespa matik justru lebih mudah dibanding mengurus vespa klasik. Apalagi saat ini, populasi vespa matik cukup banyak kita temui di Indonesia dengan berbagai jenis dan tipe.

Sering kali, pengguna vespa matik justru berlomba – lomba upgrade sparepart vespa nya dengan brand Polini dan Malossi agar tampilan tetap kekinian dan kondisi vespa semakin sehat.

Bagi anda pengguna vespa yang masih bingung cara menjaga vespa agar lebih sehat dan kece, berikut tips nya:

Pertama, upayakan selalu untuk rutin mengganti oli agar mesin selalu mendapatkan pelumasan dan meminimalisir tingkat keausan terhadap komponen didalam mesin. Penggantian oli tersebut setiap melakukan perjalanan 7500 KM sekali. Jika vespa matik jarang digunakan, dapat mengganti oli setiap 2 bulan sekali agar mesin tetap awet.

Kedua, perhatikan unit kendaraan vespa, terkait keutuhan body vespa, perlu ada perlakuan khusus seperti pengecatan ulang body vespa, serta perhatikan orginalitas parts vespa lainnya.

Lalu roda vespa harus selalu dipastikan memiliki bearing yang berfungsi dengan baik, sehingga ketika vespa bergerak, putaran roda tidak membuat komponen lainnya aus.

Kemudian selalu periksa kondisi CVT vespa agar meminimalisir gejala selip dan loss power. Serta melakukan pengecekan kelistrikan vespa.

Jika ada komponen vespa yang rusak, segera mengganti dengan spare part asli seperti produk Malossi dan Polini, karena dengan brand asli sudah pasti memiliki kualitas yang terjamin serta sudah pasti sesuai dengan kebutuhan vespa itu sendiri. Selain itu, dengan menggunakan spare part asli, tampilan vespa matik akan lebih kece dan menggoda. Spare part yang biasa diganti seperti: bore up mesin, Piggyback, Penggantian RPM, Penggantian variator set, Penggantian knlapot, dan lain-lain.

Terakhir, perlu dilakukan service besar maupun service kecil secara rutin agar tetap menjaga kesehatan vespa matik bro & sis. Selain itu, perlu pencucian secara rutin agar kotoran yang menempel tidak mengendap terutama di musim hujan. Karena, apabila kotoran mengendap akan menimbulkan karat dan menjadikan penampilan vespa matik tidak kece. 


Oleh : Adinda Widya Des Naya

Add Comment