Tips Untuk Skuter Yang Terkena Banjir

Tips Untuk Skuter Yang Terkena Banjir
7 January, 2020

Awal tahun 2020 beberapa wilayah di jabodetabek terkena musibah banjir, banjir yang sangat besar ini menyebabkan beberapa skuter yang tenggelam. Tidak banyak dari skuter yang tenggelam ini banyak yang tidak tahu bagaimana caranya untuk dapat memperbaiki skuter matiknya.

Penting! Segera Bawa Ke Bengkel Jika Nekat Terobos Banjir!

Sebagai informasi bagi pengguna skuter ada resiko yang kerap terjadi jika nekat memaksakan untuk menyalakan skuternya yaitu water hammer. Water hammer ini merupakan kondisi dimana ada air berlebih yang masuk ke ruang pembakaran. Resiko ini sangat fatal untuk mesin.

Apabila sudah terjadi water hammer otomatis biaya perbaikan akan lebih mahal. Jadi ada baiknya untuk seluruh skuter yang terkena banjir agar langsung menuju bengkel agar mendapatkan penanganan dengan benar.

Nah berikut beberapa bagian komponen skuter yang wajib di periksa oleh bengkel ketika menangani kendaraan yang terkena banjir

1. Filter udara

Filter udara tugasnya adalah menyaring kotoran yang terbawa udara. Bila sudah terendam banjir otomatis filter udara akan menjadi rusak dan harus dilakukan pergantian.

2. Knalpot

Sebagai salah satu komponen utama kendaraan knalot ini sangat berpengaruh. Apabila knalpot sudah kemasukan air maka kinerja pembuangan akan terhambat.

3. CVT atau continously variable transmission

Air yang masuk akan mengganggu kinerja drive pulley dan driven pulley, sehingga tidak mau mentransfer tenaga mesin ke roda.

4. Oli mesin

Oli yang bercampur air otomatis akan merusak jeroan mesin skuter, maka segera ganti.

Nah bila sudah mengetahui informasi ini langsung kamu harus membawa skuter kamu ke bengkel serta pastikan untuk beberapa komponen yang disebutkan harus dicek atau bisa kamu lakukan penggantian untuk lebih aman

 

 

Oleh : Muhamad Rifqi Aliansyah

Add Comment